SOLUSI MENGHILANGKAN KECANDUAN GADGET DAN MEDSOS

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

     Hai sahabat, udah lama nih saya gak nulis blog lagi,. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman pribadi saya tentang bagaimana caranya mengurangi kecanduan mainin hp dan media sosial pada diri sendiri. Baru-baru ini banyak sekali masalah yang timbul akibat pesatnya perkembangan teknologi, dan mirisnya yang menjadi korban tidak hanya orang dewasa yang sudah cukup matang pemikirannya, namun anak-anak yang sebenarnya belum cukup umur untuk menggunakan gadget dan media sosial sehingga mereka menganggap menggunakan media sosial itu tidak perlu memiliki tanggung jawab yang besar. Sebenarnya ketika kamu sudah berani menggunaan Teknologi maka kamu seperti memiliki perusahaan nuklir, kamu akan menggunakannya demi kebaikan "pembangkit listrik" atau "penghancur". Sama halnya seperti gadget bisa saja mencelakakan diri sendiri ataupun orang lain. 
Baik tanpa panjang lebar kita langsung masuk saja ke poin pembahasannya.

Gunakan HP Seperlunya
   Kebanyakan generasi milenials ini menggunakan Hp sampai tidak sadar lingkungannya, banyak waktu yang telah mereka sia-siakan, bahkan uang yang telah mereka keluarkan demi mencukupi kebutuhannya membeli pulsa dan kuota. Mungkin sering juga kalian mendengar istilah "MENDEKATKAN YANG JAUH TAPI MENJAUHKAN YANG DEKAT" ini nyata loh kejadiannya, kita lebih peduli dengan apa yang ada didalam hp/gadget kita daripada seseorang disekitar kita, dan kejadian seperti ini cenderung menghilangkan jiwa sosial kita. Nah maka dari itu ayo lah keluar dari kamar atau rumah kalian, simpan hp kalian, dan berinteraksi lah minimal berbincang membicarakan tentang apa yang telah kalian capai baru-baru ini kepada orang tua dan sodara, atau bantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumahnya, dan perbanyak ibadah maka hati kita akan selalu tenang mendekatkan diri kepada sang Pencipta, daripada harus posting status ketika gelisah dan banyak masalah.

Bagi aja kartu perdananya!

       Nah lo bingung ya apa maksudnya :D. Ini dari pengalama pribadi saya dan saya rasa cukup efektif walau kurang efisien, saya jadikan subpoint agar mudah dimengerti.
                     
   Gunakan tiga kartu perdana (khusus pengguna dual SIMCARD)
           
 1. Kartu perdana pertama adalah nomor utama kalian yang banyak diketahui orang, ya sederhananya nomor penting anggap saja (PRIMER), yang orang dapat mudah  menghubungi kalian dengan nomor tersebut.
          
 2. Kartu perdana kedua adalah khusus hanya diisi dengan paket untuk chat saja. Misalnya  kalian saat ini lebih nyaman dengan layanan chat online dengan alasan lebih efisien  dibandingkan dengan SMS dan Telepon biasa, maka dari itu gunakan saja paket chat untuk kartu ini, "kenapa emang?" jawabannya ada di kartu perdana ketiga.

 3. Kartu perdana ketiga masukan saja kedalam modem yang mobility saat ini banyak modem wifi yang praktis dibawa kemana saja dan kapan saja, contoh seperti bolt, andromax mifi, XL modem, dll. Nah alasannya adalah agar kalian tidak mudah mengakses internet dan juga bisa menghemat kuota, karena jika ponsel atau gadget kalian ingin terhubung pada internet maka kalian harus mengaktifka modemnya, dan kuota internet kalianpun tidak akan cepat habis karena tidak ditanam didalam hp. Tanpa kalian sadari ketika kalian pegang hp pasti akan  buka Facebook, instagram, Youtube, dll tuh maka dari itu tanpa kalian sadari ketika akan mengakses itu semua hp kalian tidak akan terkoneksi karena harus di koneksikan terlebih dahulu dengan modem kalian. Dan benefit lainnya tidak akan ada notifikasi yang terus  menerus menyedot kuota kalian karena kartu SIM kedua yang kalian pasang di hp hanya terisi paket chat saja, mungkin kalian pun tidak akan terganggu dengan notifikasi yang terus menerus tampil dilayar hp kalian.

     Nah hanya itu solusi yang dapat saya berikan, kalo dipaparkan semua pasti panjang dan kalian akan bosan membacanya. Karena didalam poin tersebut dapat kalian siasati lagi, misalnya HP kalian hanya memiliki satu slot Sim card saja, nah kalian bagi aja tuh yang simcard di Hp khusus nomor penting atau cuma bisa digunakan SMS dan telepon saja, sedangkan yang di modem kalian isi dengan paket internet. Atau jika kalian tidak memiliki modem dan memiliki hp berslot dua simcard, kalian bisa pake dua kartu perdana seperti biasa kartu pertama nomor utama kalian, sedangkan kartu kedua diisi oleh paket internet, tapi data selulernya dimatikan dan boleh kalian aktifkan jika akan menggunakan internet, SECUKUPNYA.

     Biasakan dan implementasikan tips yang saya berikan, kalian bisa kok jika terbiasa dan berkomitmen untuk berubah. Gunakan waktu kalian untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, karena satu detik yang berlalu itu telah menjadi kenangan dan tidak akan bisa diulang kembali :).


     Terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa beritahu orang tersayang untuk bijak dalam menggunakan teknologi.
SALAM TEKNOLOGI!


     

     

     



Comments

Popular posts from this blog

Contoh program Sekuensial Python (mengambil inputan keyboard dan menampilkan output)

Melakukan Query Database MYSQL dengan CMD

menghubungkan JAVA dengan database MYSQL